Jumat, 25 November 2011

SAMUDERA ATLANTIK

SAMUDERA ATLANTIK
Pengertian Samudera
Kenampakan fisik dunia terdiri dari bentang darat dan bentang air. Bentang darat berupa benua, pulau dan bentuk-bentuk permukaan bumi karena berbagai tenaga hasil proses dari dalam bumi (endogen) maupun dari luar bumi (eksogen).
Bentang air meliputi samudera atau lautan, laut, selat, danau, sungai, rawa, bendungan alami.
Samudra (juga dieja Samudera) atau Lautan (dari bahasa Sansekerta) adalah laut yang luas dan merupakan massa air asin yang sambung-menyambung meliputi permukaan bumi yang dibatasi oleh benua ataupun kepulauan yang besar. Suhu samudera berkisar antara -1,87oC (titik beku air laut) di daerah kutub sampai maksimum sekitar 42oC did daerah perairan dangkal.
Kawasan samudera terdiri atas samudera Pasifik, samudera Atlantik, samudera Hindia, samudera Arktik.

Sejarah Samudera Atlantik

Samudra Atlantik tampaknya menjadi termuda kedua dari lima lautan. Itu tidak ada sebelum 130 juta tahun yang lalu, ketika benua yang terbentuk dari pecahnya benua super leluhur, Pangaea, yang melayang terlepas dari dasar laut menyebar. Atlantik telah banyak dieksplorasi sejak awal permukiman di sepanjang pantainya.

The Vikings, Portugis, dan Spanyol adalah yang paling terkenal di antara penjelajah awal. Setelah Columbus, eksplorasi Eropa cepat dipercepat, dan banyak rute perdagangan baru didirikan.

Akibatnya, Atlantik dan tetap menjadi arteri utama antara Eropa dan Amerika (dikenal sebagai perdagangan transatlantik). Eksplorasi ilmiah termasuk ekspedisi Challenger, ekspedisi Meteor Jerman, Lamont-Doherty Columbia University Earth Observatory dan Angkatan Laut Amerika Serikat Kantor Hidrografi.


Posisi samudera atlantik

Samudra Atlantik adalah samudera yang terbesar kedua setelah samudera pasifik. Dengan luas total sekitar 106.400.000 kilometer persegi (41100000 sq mi), mencakup sekitar dua puluh persen dari permukaan bumi dan sekitar 26 persen dari luas permukaan air. Bagian pertama dari nama untuk merujuk pada Atlas mitologi Yunani, membuat Atlantik "Laut Atlas".

Penyebutan tertua "Atlantik" adalah dalam The Histories of Herodotus sekitar 450 SM. Nama atlantik atau historis adalah istilah kuno Ethiopia Samudra, berasal dari Ethiopia, yang namanya kadang-kadang digunakan sebagai sinonim untuk menyebutkan nama laut bagi orang afrika. Sebelum Eropa menemukan lautan lainnya, istilah " laut "itu sendiri sinonim dengan perairan di luar Selat Gibraltar yang sekarang kita kenal sebagai Atlantik. Orang Yunani percaya laut ini menjadi sungai raksasa mengelilingi dunia.

Samudra Atlantik menempati sebuah baskom, memanjang berbentuk S memperpanjang longitudinal antara Amerika ke barat, dan Eurasia dan Afrika ke timur. Sebagai salah satu komponen dari lautan global yang saling berhubungan, hal ini dihubungkan di utara dengan Samudra Arktik (yang kadang-kadang dianggap sebagai lautan Atlantik), ke Samudra Pasifik di barat daya, Samudera Hindia di sebelah tenggara, dan Samudera Selatan di selatan. (Definisi lain menggambarkan Atlantik meluas ke selatan sampai Antartika.) Khatulistiwa yang digunakan untuk membagi ke Samudera Atlantik Utara dan Selatan Samudra Atlantik.

Samudra Atlantik dibatasi di sebelah barat oleh Amerika Utara dan Selatan. Menghubungkan ke Samudra Arktik melalui Selat Denmark, Laut Greenland, Laut Norwegia dan Laut Barents. Di timur, batas-batas laut yang tepat adalah Eropa; Selat Gibraltar (di mana ini menghubungkan dengan Laut Mediterania-salah satu yang marjinal laut-dan, pada gilirannya, Laut Hitam) dan Afrika.

Di tenggara, Atlantik menyatu dengan Samudera Hindia. Meridian 20 ° BT, berjalan ke selatan dari Cape Agulhas ke Antartika mendefinisikan perbatasan. Beberapa pihak berwenang menunjukkannya memperluas selatan di Antartika, sementara yang lain menunjukkan hal itu dibatasi pada garis 60 ° dengan Samudera Selatan.

Di barat daya, Drake Passage menghubungkan ke Samudra Pasifik. Panama Canal buatan manusia menghubungkan Atlantik dan Pasifik. Selain yang telah disebutkan, Atlantik juga berbatasan dengan Laut Karibia, Teluk Meksiko, Teluk Hudson, Samudra Arktik, Laut Mediterania, Laut Utara, Laut Baltik dan Laut Celtic.

Mencakup sekitar 22% dari permukaan bumi, Atlantik yang kedua dalam ukuran ke Pasifik. Berdekatan dengan laut, itu menempati wilayah sekitar 106.400.000 kilometer persegi (41100000 sq mi), tanpa mereka, itu memiliki luas wilayah 82.400.000 kilometer persegi (31.800.000 mil ²). Tanah yang mengalir ke Atlantik mencakup empat kali baik Pasifik atau samudra India. Volume Atlantik dengan lautan sekitarnya adalah 354.700.000 kilometer kubik (85.100.000 mi cu) dan bila tidak di ukur dari bibir pantai adalah 323.600.000 kilometer kubik (77.640.000 mi cu).

Kedalaman rata-rata dari Atlantik, dengan lautan sekitarnya yang berbatasan, adalah 3.339 meter (10.955 kaki), Kedalaman terbesar, 8.605 meter (28.232 kaki), berada di Palung Puerto Riko. Lebar Atlantik bervariasi dari 2.848 kilometer (1.770 mil) antara Brasil dan Sierra Leone ke lebih dari 6.400 km (4.000 mil) di selatan.

perjalanan yang melalui samudera atlantik memainkan peran utama dalam ekspansi peradaban Barat ke Amerika. Ini adalah Atlantik yang memisahkan "DUNIA LAMA" dari "DUNIA BARU". Di zaman modern, menggambarkan baik kesenjangan geografis dan budaya antara Amerika Utara dan Eropa, khususnya antara negara-negara berbahasa Inggris kedua benua. Banyak orang Inggris mengacu ke Amerika Serikat dan Kanada sebagai wakil, dan sebaliknya.


Keadaan Alam di Samudera Atlantik

Fitur utama dari batimetri (topografi bawah) adalah pegunungan kapal selam disebut Mid-Atlantic Ridge. Hal ini meluas dari Islandia di utara sampai sekitar 58 ° Lintang Selatan, mencapai lebar maksimum sekitar 1.600 kilometer (990 mi ). Sebuah lembah Keretakan juga terbentang sepanjang punggungan atas sebagian besar panjangnya. Kedalaman air pada puncak punggungan kurang dari 2.700 meter (8.900 kaki) di kebanyakan tempat, bagian bawah punggungan tiga kali kenaikan dalam dan tentu saja beberapa puncak di atas pulau air dan bentuk . Samudra Atlantik Selatan memiliki punggung kapal selam tambahan, Ridge Walvis.
The Mid-Atlantic Ridge memisahkan Samudra Atlantik menjadi dua lembah besar dengan kedalaman dari 3,700-5,500 meter (12,100-18,000 ft). Transverse pegunungan berjalan antara benua dan Mid-Atlantic Ridge membagi dasar laut ke banyak cekungan. Beberapa cekungan besar adalah Blake, Guyana, Amerika Utara, Cape Verde, dan cekungan Canary di Atlantik Utara. Di Selatan Atlantik cekungan terbesar adalah cekungan Angola, Tanjung, Argentina, dan Brasil.
palung yang ditemukan di samudera atlantik :

* Puerto Rico Trench, di Atlantik Utara, adalah palung terdalam di 8.605 meter (28.232 ft)
* Laurentian Abyss ditemukan di lepas pantai timur Kanada
* South Sandwich Trench mencapai kedalaman 8.428 meter (27.651 kaki)
* Romanche Palung terletak di dekat khatulistiwa dan mencapai kedalaman sekitar 7454 meter (24.455 kaki).

Samudera sedimen terdiri dari:

* Deposito Terrigenous dengan asal-usul tanah, terdiri dari pasir, lumpur, dan partikel batuan yang terbentuk oleh erosi, pelapukan, dan aktivitas gunung berapi di darat dicuci ke laut. Bahan-bahan ini kebanyakan ditemukan di rak kontinental dan tebal di dekat mulut sungai besar atau pantai gurun off.
* Pelagis deposito, yang berisi sisa-sisa organisme yang tenggelam ke dasar laut, termasuk tanah liat merah dan Globigerina, pteropod, dan merembes silikous. Menutupi sebagian besar dasar laut dan mulai dari ketebalan dari 60-3,300 meter (200-10,800 ft) mereka menebal di daerah sabuk konvergensi, terutama di Ridge Hamilton dan di zona upwelling.
* Autigenik deposito terdiri dari bahan seperti nodul mangan. Mereka terjadi di mana hasil sedimentasi lambat atau di mana arus semacam deposito, seperti di Curve Hewett.


Karakteristik Air di Samudera Atlantik

Menampilkan peta garis perulangan dengan panah yang menunjukkan air yang mengalir ke timur di laut jauh Selatan, menuju timur laut Australia, mengubah mendesau setelah melewati Alaska, kemudian melintasi pertengahan Pasifik mengalir di utara Australia, kemudian di bawah Afrika barat, kemudian berbalik ke barat laut sampai mencapai Kanada timur, kemudian menuju timur Eropa selatan, kemudian berbelok ke selatan akhirnya tepat di bawah Greenland dan mengalir ke pantai timur Amerika, dan melanjutkan alirannya ke arah timur untuk menyelesaikan lingkaran
Jalur sirkulasi termohalin. Ungu merupakan jalur arus dalam air, sedangkan jalur biru mewakili arus permukaan.
Peta yang menunjukkan 5 lingkaran. Yang pertama adalah antara Australia Barat dan Afrika Timur. Yang kedua adalah antara Australia timur dan barat Amerika Selatan. Yang ketiga adalah antara Jepang dan Amerika Utara bagian barat. Dari dua di Atlantik, satu di belahan bumi.
Peta lima gyres laut utama

Rata-rata, Atlantik adalah samudra utama saltiest; permukaan air salinitas di laut berkisar terbuka 33-37 bagian per seribu (3,3 - 3,7%) oleh massa dan bervariasi dengan lintang dan musim. Penguapan, curah hujan, sungai dan lautan es mencair nilai pengaruh salinitas permukaan. Meskipun nilai-nilai salinitas hanya utara khatulistiwa (karena curah hujan tropis berat), secara umum nilai terendah berada di lintang tinggi dan di sepanjang pantai terdapat sungai besar. nilai salinitas maksimum terjadi pada sekitar 25 ° utara dan selatan, di daerah subtropis dengan curah hujan rendah dan penguapan tinggi.

Suhu permukaan air, yang bervariasi dengan lintang, sistem saat ini, dan musim dan mencerminkan distribusi lintang energi surya, berkisar dari bawah -2 ° C (28,4 ° F). suhu maksimum terjadi di sebelah utara khatulistiwa, dan nilai minimum ditemukan di daerah kutub. Di tengah garis lintang, area variasi suhu maksimum, nilai mungkin berbeda 7-8 ° C (12-15 ° F).

Samudra Atlantik terdiri dari empat massa air besar. Utara dan Atlantik Selatan perairan pusat membuat permukaan. Air antara sub-Antartika meluas ke kedalaman 1.000 meter (3.300 kaki). North Atlantic Deep Water kedalaman mencapai sebanyak 4.000 meter (13.000 kaki). Antartika Bawah Air menempati cekungan laut pada kedalaman lebih dari 4.000 meter.

Dalam Atlantik Utara, arus laut mengisolasi Laut Sargasso, Laut Sargasso mengandung sejumlah besar rumput laut dan juga merupakan tempat pemijahan untuk kedua belut belut Eropa dan Amerika.

Efek Coriolis air bersirkulasi Atlantik Utara searah jarum jam, sedangkan air Atlantik Selatan beredar berlawanan arah jarum jam. Pasang surut selatan di Samudera Atlantik adalah semi-diurnal, yaitu, dua pasang tinggi terjadi selama 24 jam setiap bulan. Pada lintang di atas osilasi beberapa barat-timur 40 ° Lintang Utara terjadi.



Iklim di Samudera Atlantik

Peta Karibia menunjukkan 7 panah menunjuk ke arah barat-sekitar paralel yang membentang dari sebelah timur Kepulauan Virgin ke Kuba. Panah selatan tikungan utara sebelah timur Republik Dominika sebelum meluruskan lagi.
Gelombang di angin perdagangan di Samudra Atlantik-daerah konvergensi angin yang bergerak sepanjang jalur yang sama seperti yang berlaku angin-membuat ketidakstabilan dalam atmosfir yang dapat menyebabkan pembentukan badai

Iklim dipengaruhi oleh suhu permukaan air dan arus air dan angin. Karena kapasitas retensi besar laut panas, iklim maritim lebih moderat dan memiliki variasi musiman kurang ekstrim dari pedalaman iklim. Pengendapan dapat didekati dari data cuaca pesisir dan suhu udara dari suhu air.

Lautan adalah sumber utama dari kelembaban atmosfer yang diperoleh melalui penguapan. zona iklim bervariasi dengan lintang, peregangan zona paling hangat di Atlantik utara khatulistiwa. Zona terdingin di lintang tinggi, dengan daerah terdingin sesuai dengan area yang tercakup es laut. Arus laut mempengaruhi iklim dengan pengangkutan air hangat dan dingin ke daerah lain. Angin yang didinginkan atau hangat saat bertiup selama ini arus pengaruh lahan yang berdekatan.

Gulf Stream dan perpanjangan utara menuju Eropa, Atlantik Utara Drift, misalnya, menghangatkan suasana Kepulauan Inggris dan Eropa barat laut, dan arus air dingin berkontribusi kabut tebal di lepas pantai timur Kanada (Grand Banks daerah Newfoundland) dan pantai Afrika barat laut. Secara umum, angin transportasi air dan udara di atas lahan. Badai berkembang di bagian selatan Samudra Atlantik Utara.


* Pada tahun 1000, Eslandia, Leif Ericson adalah orang Eropa pertama yang menemukan Amerika Utara pantai Atlantik, termasuk Vinland. Penemuan Norse didokumentasikan pada abad ke Islandia 13 kisah-kisah dan dikuatkan oleh bukti-bukti baru-baru ini L'Anse aux Meadows arkeologi.
* Pada tahun 1003, Thorfinnr Karlsefni memimpin penyelesaian Viking mencoba di Amerika Utara tapi diusir oleh penduduk asli.
* Pada tahun 1004, Snorri Thorfinnsson adalah orang Eropa pertama lahir di benua Amerika.
* Pada tahun 1419 dan 1427, navigator Portugis mencapai Madeira dan Azores.
* Dari tahun 1415-1488, navigator Portugis berlayar sepanjang pantai Afrika Barat, mencapai Tanjung Harapan.
* Pada tahun 1492, Christopher Columbus mendarat di suatu tempat di Bahama.
* Pada tahun 1500, Pedro Alvares Cabral mencapai Brazil.
* Pada tahun 1524, penjelajah Italia Giovanni da Verrazzano menemukan Amerika Serikat Amerika pantai timur.
* Pada tahun 1764 William Harrison (anak dari John Harrison) berlayar dengan kapal HMS Tartar. perjalanan ini menjadi dasar untuk penemuan sistem global Bujur.
* Pada tahun 1858, Cyrus West Field meletakkan kabel transatlantik telegraf pertama (dengan cepat gagal).
* Pada tahun 1865 kapal Brunel adalah SS Great Eastern meletakkan kabel transatlantik telegraf pertama yang sukses.
* Pada tanggal 15 April 1912, RMS Titanic tenggelam setelah memukul gunung es dengan kerugian lebih dari 1.500 jiwa.
* pada tahun 1914-1918, Pertempuran Pertama Atlantik berlangsung.
* Pada tahun 1919, American NC-4 menjadi pesawat sayap-tetap pertama (pesawat amfibi) untuk menyeberangi Atlantik (meskipun itu membuat beberapa pendaratan di pulau-pulau dan laut di sepanjang jalan, dan meluncur beberapa ratus mil).
* Kemudian pada tahun 1919, sebuah pesawat Inggris dikemudikan oleh Alcock dan Brown membuat penerbangan transatlantik non-stop pertama, dari Newfoundland ke Irlandia.
* Pada tahun 1921, Inggris adalah yang pertama menyeberangi Atlantik Utara di sebuah pesawat.
* Pada tahun 1922, Sacadura Cabral dan Gago Coutinho adalah yang pertama menyeberangi Atlantik Selatan dalam sebuah pesawat.
* Pada tahun 1927, Charles Lindbergh melakukan penerbangan solo transatlantik non-stop pertama di sebuah pesawat (antara New York City dan Paris).
* Pada tahun 1932, Amelia Earhart menjadi wanita pertama untuk membuat penerbangan solo melintasi Atlantik
* pada tahun 1939-1945, Pertempuran Kedua Atlantik. Hampir 3.700 Sekutu kapal tenggelam dengan biaya 783 Jerman U-boat.
* Pada tahun 1952, Ann Davison adalah wanita pertama yang berlayar di Samudra Atlantik.
* Pada tahun 1975, Fons Oerlemans menyeberangi Atlantik selama 82 hari, mulai dari Safi (Maroko) untuk Trinidad dan Tobago, pada rakit selfmade.
* Pada tahun 1980, Gérard d'Aboville adalah orang pertama menyeberangi Samudera Atlantik dengan perahu dayung.
* Pada tahun 1984, Lima Argentina berlayar di 10 meter rakit panjang yang terbuat dari batang pohon bernama Atlantis dari Kepulauan Canary dan setelah 52 hari 3.000 mil (4.800 km) perjalanan tiba ke Venezuela dalam upaya untuk membuktikan wisatawan dari Afrika mungkin telah melintasi Atlantik sebelum Christopher Columbus. [9] [10]
* Pada tahun 1994, Guy Delage adalah orang pertama yang diduga berenang melintasi Samudera Atlantik (dengan bantuan papan tendangan, dari Cape Verde ke Barbados).
* Pada tahun 1998, Benoît Lecomte adalah orang pertama yang berenang melintasi Samudera Atlantik utara tanpa papan menendang, berhenti hanya satu minggu di Azores.
* Pada tahun 1999, setelah mendayung selama 81 hari dan 4.767 kilometer (2.962 mi), Tori Murden menjadi wanita pertama yang menyeberangi Samudera Atlantik dengan perahu dayung sendirian ketika ia mencapai Guadeloupe dari Kepulauan Canary.




Samudera Ethiophia

Laut Aethiopian, Ethiopia Ocean atau Samudera Ethiopia (Okeanos Aithiopos), adalah nama lama untuk apa yang sekarang disebut Samudra Atlantik Selatan, yang dipisahkan dari Samudera Atlantik Utara dengan wilayah sempit di antara Natal, Brasil dan Monrovia, Liberia. Penggunaan istilah ini menggambarkan kecenderungan masa lalu mengacu pada seluruh benua Afrika dengan nama Aethiopia. Negara modern Ethiopia, di timur laut Afrika, adalah tempat di dekat Samudera Ethiopia, yang akan dikatakan untuk berbaring di lepas pantai barat Afrika. Samudra Ethiopia Istilah kadang-kadang muncul sampai pertengahan abad ke-19.


Faktor Ekonomi di Samudera Atlantik

Atlantik telah memberikan kontribusi signifikan terhadap pembangunan dan perekonomian negara-negara sekitarnya. Selain rute transatlantik utama transportasi dan komunikasi, Atlantik menawarkan cadangan minyak bumi melimpah di batuan sedimen rak kontinental. Atlantik terdapat sumber daya terkaya di dunia yaitu perikanan, terutama di perairan yang meliputi wilayah rak. Ikan terbanyak yang dihasilkan samudera atlantik adalah ikan cod, haddock, herring, dan mackerel.

Daerah yang paling produktif termasuk Newfoundland Grand Banks, Nova Scotia rak, Georges Bank off Cape Cod, Bank Bahama, perairan di sekitar Islandia, Laut Irlandia, Bank Dogger Laut Utara, dan Bank Falkland. Eel, lobster, dan ikan paus muncul dalam jumlah besar. Karena ancaman lingkungan dari tumpahan minyak, sampah laut, dan insinerasi limbah beracun di laut, berbagai perjanjian internasional upaya untuk
mengurangi polusi.

Dataran Yang ada di Samudera Atlantik

Dari Okt.-Jun. permukaan biasanya ditutupi dengan es laut di Laut Labrador, Selat Denmark, dan Laut Baltik. Sebuah pilin air hangat searah jarum jam menempati Atlantik utara, dan pilin air hangat berlawanan arah jarum jam muncul di Atlantik selatan. The Mid-Atlantic Ridge, sebuah centerline utara-selatan kasar untuk seluruh cekungan Atlantik, pertama kali ditemukan oleh Ekspedisi Challenger mendominasi dasar laut. Ini dibentuk oleh gunung-gunung berapi yang juga membentuk dasar laut dan pulau-pulau. Atlantik memiliki pantai yang tidak beraturan indentasi oleh banyak teluk, dan laut. Ini termasuk Laut Norwegia, Laut Baltik, Laut Utara, Laut Labrador, Laut Hitam, Teluk Saint Lawrence, Teluk Fundy, Teluk Maine, Laut Mediterania, Teluk Meksiko, dan Laut Karibia.

Kepulauan yang termasuk kedalam kawasan samudera atlantik adalah Greenland, Islandia, Kepulauan Faroe, Inggris (termasuk pulau-pulau sekitarnya), Irlandia, Rockall, Newfoundland, Sable Island, Azores, Madeira, Bermuda, Canary Islands, Karibia, Cape Verde, São Tomé dan Príncipe, Provinsi Annobon, St Pulau peter., Fernando de Noronha, Rocas Atoll, Ascension Island, Saint Helena, Kepulauan dari Trindad, Tristan da Cunha, Pulau Gough (Juga dikenal sebagai Diego Alvarez), Kepulauan Falkland, Tierra del Fuego, pulau Georgia Selatan, Kepulauan Sandwich Selatan , dan Pulau Bouvet.


Sumber Daya Alam

Atlantik pelabuhan ladang minyak dan gas, ikan, mamalia laut (anjing laut dan paus), pasir dan kerikil kerikil, tempat deposito, nodul polimetalik, dan batu mulia.


Bencana alam yang pernah terjadi di Samudera Atlantik

Gunung es yang umum pada Februari hingga Agustus di Selat Davis, Selat Denmark, dan Atlantik barat laut dan telah melihat sejauh selatan Bermuda dan Madeira. Kapal dikenakan suprastruktur di ujung utara dari Oktober sampai Mei. Kabut terus menerus bisa menjadi bahaya maritim dari Mei sampai September, seperti terdapat angin topan diutara khatulistiwa (Mei sampai Desember).

Pantai tenggara Amerika Serikat "memiliki sejarah panjang kapal karam karena banyak terumbu karang. Virginia dan North Carolina adalah pantai yang sangat berbahaya.

Segitiga Bermuda yang umum diyakini sebagai tempat penerbangan dan insiden pengiriman karena penyebab yang tidak dapat dijelaskan dan seharusnya misterius, namun catatan Coast Guard tidak mendukung keyakinan ini.

Masalah lingkungan Samudera Atlantik saat ini

Endangered spesies laut meliputi manatee, anjing laut, singa laut, penyu, dan paus. Menangkap ikan dengan jaring besar dapat membunuh lumba-lumba, elang laut dan burung laut lainnya (petrels, Auks), mempercepat penurunan stok ikan dan memberikan kontribusi untuk perselisihan internasional. Polusi Kota berasal dari Amerika Serikat bagian timur, Brasil di selatan, dan Argentina timur;. Polusi minyak di Laut Karibia, Teluk Meksiko, Danau Maracaibo, Laut Mediterania, dan Laut Utara, dan limbah industri dan polusi air limbah kota di Laut Baltik, Laut Utara dan Laut Mediterania.

Pada tahun 2005, ada beberapa kekhawatiran yang hangat arus Eropa bagian utara itu melambat, tetapi tidak ada konsensus ilmiah yang terbentuk dari bukti itu.
Pada tanggal 7 Juni 2006, komisi satwa liar Florida memilih untuk mengambil manatee dari daftar spesies terancam punah negara. Beberapa pencinta lingkungan khawatir bahwa ini bisa mengikis perlindungan untuk makhluk laut yang populer.


Pencemaran Laut di Samudera Atlantik

pencemaran laut adalah istilah umum untuk masuk ke dalam lautan bahan kimia atau partikel berbahaya. Penyebab terbesar adalah sungai dan dengan mereka banyak pupuk kimia pertanian serta ternak dan kotoran manusia. Kelebihan oksigen-depleting bahan kimia menyebabkan hipoksia dan penciptaan zona kematian.
Marine debris, yang juga dikenal sebagai sampah laut, menggambarkan manusia diciptakan sampah mengambang dalam tubuh air. puing Kelautan cenderung menumpuk di pusat gyres dan garis pantai, sering mencuci kandas di mana ia dikenal sebagai sampah pantai.









Peta Samudera Atlantik

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar